HUGO -

The world’s fastest framework for building websites

Sesuai dengan slogannya, “Framework tercepat di dunia untuk membuat situs web”.

Berawal dari keisengan untuk membuat blog yang dimana nanti web ini dibangun (hehe), Seperti kebanyakan orang lainnya, tentu saya mencari cara dengan menggunakan kata kunci “Cara membuat blog untuk pemula”, kemudian muncullah beberapa saran seperti web-web yang sudah terkenal.

Namun di sisi lain, saya ingin pula menerapkan pengetahuan dasar seperti html juga css ke dalam blog (yang ingin dibangun nantinya), dan kalau boleh, tidak perlu beberapa persyaratan seperti registrasi dan semacamnya (dasar malas wkwkwk😆).

Setelah berkelana kesana kemari mencari alamat 🎵, akhirnya saya bertemu Strapi. Tampilannya begitu menarik dan kekinian 😎, sehingga membuat saya penasaran. Namun Setelah coba mengulik dan meng-utak-atik , sepertinya saya tidak bisa mengikutinya lebih lanjut wkwkwk. Ini dikarenakan pemahaman React saya masih kurang, juga ingin cepat menulis dan meminimalisir hal-hal berbau teknis (hehe).

Bingung dengan pilihan yang ingin instan duh, akhirnya mencoba bertanya ke teman dan dia merekomendasikan HUGO, hingga lahirlah tulisan ini yo 😎. Oh iya, kamu bisa melihat tulisannya di sini.

Untuk tutorial pemasangannya, saya mengambil referensi dari sini dan terbilang cukup ramah untuk pemula. Setelah berhasil memasang hugo, kita disuguhi beragam tema yang menarik.

img1

Lama melihat-lihat 👀, akhirnya pilihan jatuh kepada tema PaperMod dengan Tampilannya yang cukup simpel dan rapih. Oh iya, kamu juga bisa membuat tema sesuai keinginanmu sendiri. Sungguh framework yang mantap😎.